menU


iklaN

maU beli mobiL seconD
ataU maU juaL mobiL

KLIK DISINI

ranK

Your flag

free counters

tV onE & ANTV





jadwal acara dan situs resmi TV ONE www.tvone.co.id




Rabu, 23 September 2009

Facebook dan Twitter Diserang Lagi


Pertumbuhan teknologi canggih saat ini cukup sinkron dengan makin banyak bermunculan komunitas jejaring sosial. Dimana ternyata ini pun sepertinya mampu memancing perhatian dari banyak pihak entah itu positif ataupun negatif adanya.

Kalau di sisi positif, seperti yang kita ketahui, website jejaring sosial sekelas Facebook ataupun Twitter cukup meraup banyak keuntungan apalagi dari segi iklannya sendiri. Lantas bagaimana kalau dilihat dari segi negatifnya?

Ya ternyata yang dikatakan di sini sebagai segi negatif yang muncul dari perhatian pada Facebook itu sendiri adalah terpaut dengan adanya serangan phising, lagi-lagi dengan serangan semacam ini, akun login Anda dapat dicuri dan digunakan oleh orang lain. Memang ini bukan kali pertama serangan mengancam Facebook maupun Twitter, tapi ini sepertinya masih berlanjut dari serangan yang ada dulu.

Kini phising terbaru yang terjadi di Facebook maupun Twitter adalah para pengguna mendapatkan kiriman link yang bila diklik akan menghantarkan si pengguna pada halaman Facebook palsu, yang kalau Anda memasukkan login Anda, nantinya log dari akun Anda akan dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, Anda sendiri akan terserang malware. Dan serangan ini sendiri dikatakan seperti "drive by download".

Saat ini lebih parah lagi, karena Twitter mulai dipalsukan tidak hanya dari segi halamannya saja, tapi dengan menggunakan Tiny URL dimana akan kelihatan url tersebut hampir-hampir mirip dengan Twitter. Wah, sepertinya kita harus jeli sekali melihat URL ketika kita login ya. Begitu juga hal senada diutarakan oleh Graham Cluley menanggapi hal serupa.

Di Facebook sendiri, banyak pesan berseliweran yang menggunakan subyek pesan "Hello" dan di bagian isi sendiri menerangkan agar Anda mengklik "arept.at" atau apapun itu yang berakhiran dengan ".at" (tanpa kutip tentunya). Sebelum ini URL-URL tersebut akhirnya kalau diklik akan langsung menuju ke halaman palsu. Ini akan dapat mencuri alamat email dan password Anda. Dan nantinya akan secara otomatis mengganti password Anda dan mengirimkan email menggunakan email Anda tersebut ke pengguna Facebook lainnya.

Diduga di halaman website palsu ini dipasang Trojan.BHO. Namun kini sepertinya URL tersebut telah diblok bila Anda menggunakan Firefox dan akan ditandai sebagai "Web Forgery". "Orang yang berada di balik serangan Scam ini menyerang banyak alamat email pengguna dalam jumlah besar. Facebook secara cepat akan segera menutup semua referensi URL yang menuju halaman website tersebut dan akan menginformasikannya kepada penggunanya.

Salah satu wakil pembicara dari pihak Facebook sendiri, Barry Schnitt mengatakan bahwa Efek dari serangan ini dan serangan sebelumnya bukanlah serangan yang menyeluruh dan hanya mempengaruhi sekian persen pengguna saja yang terkecoh dengan menggunakan URL singkat. Kami baru saja mengupdate sistem monitoring kami dengan sistem yang lebih canggih untuk dapat menangkal serangan minggu lalu, dan kami akan secara cepat mendeteksi serangan tiap minggunya."
Beberapa tips yang dapat Anda gunakan agar akun Facebook Anda tidak terserang phising :

- Gunakan browser terbaru seperti Internet Explorer 8 atau Firefox 3.0.10
- Gunakan login dan password yang berbeda untuk login ke sistem yang berbeda
- Hati-hati dengan pesan atau link yang mengacu ke pada halaman login palsu
- Bergabunglah dengan komunitas Facebook Security Page (www.facebook.com/security) demi selalu up to date dengan informasi serangan terbaru yang menyerang Facebook.


Komentar :

ada 0 komentar ke “Facebook dan Twitter Diserang Lagi”

Posting Komentar

downloaD

Pengikut

L@ngngaNet oN facebooK

 

linK sahabaT

This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra